Perjalanan Bapa Abraham/ Nabi Ibrahim ke Tanah Arab dalam ALKITAB

Posted: May 5, 2010 in Seputar ALKITAB

Benarkah ALKITAB tidak mencatat perjalanan Bapa Abraham atau Nabiullah Ibrahim ke tanah Arab?..Simak yang tersirat dari teks-teks ALKITAB..

Kejadian 13:1 versi ALKITAB Terjemahan LAI

13:1. Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.

Kejadian 13:1 versi King James Version

1:1. And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the south.

Mengapa Lembaga Alkitab berusaha menterjemahkan “the south” yang artinya SELATAN menjadi “tanah Negeb”?…Hati anda sendiri yang menjawabnya…Penerjemahan ini tentunya berkaitan dengan usaha menjauhkan para pembaca ALKITAB yang polos dan lugu untuk memahami keterkaitan Bapa Abraham dengan tanah Arab…Penerjemah Alkitab berusaha menggiring pembaca ALKITAB yang tidak mau bersusah-susah membeli ALKITAB versi bahasa INGGRIS apalagi mempelajarinya dalam versi IBRANI..

Jika perjalanan Nabi Abraham setelah dari Mesir adalah ke Selatan, maka tidak mungkin sebenarnya bagi Penerjemah ALKITAB untuk mengartikan “SELATAN” sebagai “TANAH NEGEB” yang diartikan sebagai “GURUN NEGEB”..Karena….GURUN NEGEB terletak di TIMUR MESIR bukan SELATAN MESIR

Jika benar ke arah SELATAN adalah ke arah ARABIA, dalam rangka apakah Sang Nabi?

Maka jawabannya ada di teks selanjutnya Kejadian 13:2

13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya

Iya..TEPAT…Sekembalinya dari YAMAN…Sang Nabi yang menjalani kehidupanan NOMADEN membawa harta kekayaan yang banyak berupa ternak, perak dan emas…Sang Nabi beternak dan berdagang!!

NOMADEN??Simak teks Kitab Ulangan berikut ini :

“…. Bapaku dahulu seorang Aram, seorang pengembara….” (Ulangan 26:5)

Benar…sang Nabi seorang pengembara…

Apakah ada kehidupan di Yaman pada abad 19 SM?

Kejadian 10:24-30
Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber. Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan. Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet dan Yerah, Hadoram, Uzal dan Dikla, Obal, Abimael dan Syeba, Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya keturunan Yoktan. Daerah kediaman mereka terbentang dari Mesa ke arah Sefar, yaitu pegunungan di sebelah timur.

Klaim Penduduk Yaman
http://my.raex.com/~obsidian/Hebrews.html

Joktan, or Qahtan in Arabic, was the father of Almodad, Sheleph, Hazarmaveth, Jerah, Hadoram, Uzal, Diklan, Obal, Abimael, Sheba, Ophir, Havilah and Jobab. These are associated with the pre-Islamic civilizations of south Arabia, including various tribes of Yemen and Hadramaut. The modern Arab tribes of Ajman, Harasi, Janibia, Kathri, and al-Murrah claim descent from Joktan/Qahtan.

(Joktan, atau dalam bahasa Arabnya Qathan, adalah ayahnya Almodad, Sheleph, Hazarmaveth, Jerah, Hadoram, Uzal, Diklan, Obal, Abimael, Sheba, Ophir, Havilah (Hawila) dan Jobab. Mereka semua diasosiasikan dengan peradaban pra-Islam di Arabia Selatan, mencakup berbagai bangsa di Yaman dan Hadramaut. Bangsa-bangsa Arab modern dari Ajman, Harasi, Janibia, Kathri, dan al-Murrah mengklaim sebagai keturunan dari Joktan/Qathan. )

Joktan menurut Bible adalah cicit Nabi Nuh, atau tepatnya Joktan adalah putra Eber putra Sam putra Nuh, alias Joktan bin Eber bin Sam bin Nuh.
Bangsa-bangsa Arab modern dari Ajman, Harasi, Janibia, Kathri, dan al-Murrah mengklaim sebagai keturunan dari Joktan/Qathan. Artinya Yaman telah dihuni di masa cicit nya nabi Nuh, jauh sebelum nabi Abraham lahir (sekitar abad 19 SM)
Hadits Bukhari Yang Menceritakan Jurhum
Berdasarkan hadits sahih Bukhari dinyatakan bahwa Ismail memperistri wanita dari Jurhum yang berasal dari Yaman. Artinya di abad 19 SM, Yaman telah dihuni oleh Jurhum.
Jadi Yaman telah dihuni oleh manusia, jauh sebelum Nabi Abraham (Ibrahim) lahir.

Yaman Adalah Negeri Penghasil Emas

Jangan dilupakan pula bahwa Yaman adalah negeri penghasil emas.

Kejadian 12 (LAI BIS)
12 Kalau orang Mesir melihatmu, mereka akan menduga bahwa engkau istriku lalu saya pasti dibunuh dan engkau dibiarkan hidup.
13 Jadi sebaiknya kaukatakan saja bahwa engkau adik saya supaya saya dibiarkan hidup dan diperlakukan dengan baik karena engkau.”
14 Dan benarlah, setelah Abram melintasi perbatasan dan sampai di negeri Mesir, orang Mesir melihat bahwa Sarai cantik sekali.
15 Beberapa orang pegawai istana melihat dia dan memberitahukan kepada raja betapa cantiknya wanita itu; sebab itu dia dibawa ke istana raja.
16 Demi Sarai, raja memperlakukan Abram dengan baik dan memberikan kepadanya hamba-hamba, kawanan domba dan kambing, sapi, keledai dan unta.
17 Tetapi karena raja mengambil Sarai, TUHAN mendatangkan penyakit-penyakit yang mengerikan atas raja dan orang-orang di dalam istananya.
18 Lalu raja memanggil Abram dan bertanya kepadanya, “Apa yang telah kaulakukan terhadap aku ini? Mengapa tidak kauberitahukan bahwa ia istrimu?
19 Mengapa kaukatakan bahwa dia adikmu dan membiarkan aku mengambilnya menjadi istriku? Ini dia, istrimu; ambillah dan pergilah!”
20 Raja memberi perintah kepada beberapa pegawainya, dan mereka mengeluarkan Abram dari negeri itu bersama-sama dengan istrinya dan segala miliknya.

Kesimpulannya : Firaun tidak merampas kembali barang-barang pemberiannya setelah tahu Sarah itu ternyata istrinya sang nabi. Firaun justru menitahkan orang-orangnya untuk mengantarkan beliau.

Kejadian 13:1 KJV
And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the south.
(Dan Abram keluar dari Mesir, ia dan istrinya, dan semua yang ia miliki, dan Lot dengannya, menuju selatan.)

Abraham keluar dari Mesir (Sinai yang adalah daerah Mesir) pergi ke selatan. Palestina Selatan (gurun Negeb) di timur Sinai. Dan selatan tak lain adalah Semenanjung. Arabia.

Kejadian 13:2 KJV
And Abram was very rich in cattle, in silver, and in gold.
(Dan Abram sangat kaya, [dan ia memiliki] ternak, perak, dan emas.)

Lihat! sang nabi membawa barang tambahan yaitu emas dan perak. Yaman adalah negeri elok, subur, penghasil emas.

Kejadian 13:3 KJV
And he went on his journeys from the south even to Bethel, unto the place where his tent had been at the beginning, between Bethel and Hai.
(Dan ia pergi melanjutkan perjalanannya dari selatan hingga ke Bethel, pada tempat dimana kemah pertamanya berdiri, antara Bethel dan Hai.

Nah jadi cerita kepulangan Abraham adalah berdasarkan Kejadian 13:3, bukan Kejadian 13:1. Dari selatan maka sang nabi dan rombongan terus berjalan dari persinggahan ke persinggahan hingga ke Betel.

Comments
  1. Cross Knight says:

    Gen 13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.

    Gen 13:1 And Abram went up out of Egypt, he, and his wife, and all that he had, and Lot with him, into the south.

    Gen 13:1 ויעל אברם ממצרים הוא ואשׁתו וכל־אשׁר־לו ולוט עמו הנגבה׃

    Gen 13:1 فَصَعِدَ ابْرَامُ مِنْ مِصْرَ هُوَ وَامْرَاتُهُ وَكُلُّ مَا كَانَ لَهُ وَلُوطٌ مَعَهُ الَى الْجَنُوبِ.

    Gen 13:1 And AbramH87 went upH5927 out of Egypt,H4480 H4714 he,H1931 and his wife,H802 and allH3605 thatH834 he had, and LotH3876 withH5973 him, into the south.H5045

    H5045
    נגב
    negeb
    neh’-gheb
    From an unused root meaning to be parched; the south (from its drought); specifically the negeb or southern district of Judah, occasionally, Egypt (as south to Palestine): – south (country, side, -ward).

    Hey, bhs Ibranin aslinya emang Negeb mmg ada kesalahan terjemahan dlm KJV, so terbukti emang Abraham gakpernah ke Arab…..kalo maucoa download aja program Alkita e-sword atau SABDA distu sampeyan bisa baca berbagai versi dan terjemahan ASLI nya…..spy sampeyan gak asala comot dan ngawur memberi penjelasan

    wasaalam

  2. […] Perjalanan Bapa Abraham/ Nabi Ibrahim ke Tanah Arab dalam ALKITAB […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s